Aksi Tolak Rokok di SMPM 5
Saturday, March 27, 2010 | Author:
PUCANG TAMAN - Sebuah rokok ukuran raksasa dilempar. Begitu menyentuh tanah, rokok itu langsung hancur.

Aksi pelemparan rokok tersebut merupakan simbolisasi dari fatwa haram rokok yang dikeluarkan PP Muhammadiyah yang dilakukan para siswa dan guru SMP Muhammadiyah 5 Surabaya kemarin (26/3). Aksi itu dilakukan sekaligus untuk menangkal rokok masuk sekolah. ''Apa jadinya bangsa ini bila para pemudanya tidak sehat,'' kata humas SMP Muhammadiyah 5 Susetyowati.

Merokok, kata guru PPKN itu, adalah tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Sebab, polusi asap rokok pasti menyebar ke orang-orang sekitar yang tidak merokok. ''Itu sebabnya, Muhammadiyah memfatwakan haram,'' tegasnya.

Menurut Bayu Yudha Pratama, siswa kelas VII, kegiatan tersebut akan mengembangkan semangat siswa untuk menjauhi rokok. Karena itu, parodi melempar rokok tersebut dimaksudkan untuk membuang jauh-jauh aktivitas kurang sehat itu.

''Acara ini sangat bagus sebagai motivasi para pelajar untuk menjauhi rokok,'' tandas Rachmat Bagus, siswa yang lain. ''Semoga bisa menginspirasi para pelajar, khususnya di lingkungan Muhammadiyah, untuk menjauhi rokok,'' ucapnya. (rio/c10/ari)

Sumber:
Jawa Pos Online
www dot jawapos dot com /metropolis/index.php?act=detail&nid=124893
This entry was posted on Saturday, March 27, 2010 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: