Membangkitkan Kebangkitan Nasional
Sunday, May 22, 2011 | Author:
Oleh: Andi Hariyadi

Rutinitas peringatan Hari Kebangkitan Nasional setiap 20 Mei itu belum mampu mengangkat keterpurukan bangsa yang cenderung korup, ketidak adilan, kesewenngan, dan lain sebagainya. Sejatinya momentum hari Kebangkitan Nasional mampu mendorong dan mempercepat pemulian serta pemberdayaan masyarakat yang sedang terlilit kemiskinan, sekaligus menyadarkan agar para elite lebih memperhatikan problem penderitaan masyarakat yang sepertinya ditelantarkan dan lebih memprioritaskan program pencitraan dan tebar pesona, bahkan cenderung melindungi mereka yang disinyalir terkena permasalahan korupsi.

Kebangkitan Nasional diawal perjuangan mampu melahirkan tokoh-tokoh besar, para negarawan yang konsis dengan penyelesaian permasalahan bangsa yang sedang terjajah, nasionalisme dan persatuan bangsa mampu mengantarkan pada kemerdekaan bangsa Indonesia, namun sungguh ironis saat ini nasionalis diganti kapitalis; persatuan menjadi perseteruan, sehingga mau dibawa kemana bangsa ini ?

Upaya membangkitkan Kebangkitan Nasional saat ini sangat diperlukan lebih-lebih penderitaan dan keprihatinan akan nasib bangsa yang tidak tahu akan dibawa kearah mana ?. Membangkitkan karena telah terjadi penyimpangan arah untuk dikembalikan pada maksud didirikannya bangsa; Membangkitkan karena terjadi pelemahan yang sistematis sehingga masyarakat semakin tidak berdaya, sedang yang berkuasa sibuk berfoya-foya; Membangkitkan karena tantangan ke depan yang semakin kompleks harus ada antisipasi strategis agar bangsa lebih berdaulat dan mandiri dalam mengelola segala aset bangsa untuk kesejahteraan rakyat, bukannya dikebiri dan dikuasai pihak asing sedang kita menjadi penonton yang menyaksikan larinya berbagai produk unggulan bangsa ke luar negeri.

Kita terlahir sebagai bangsa pejuang bukan pecundang sehingga seharusnya segala potensi bangsa ini untuk mewujudkan kesejahteraan, bukannya dikapling sendiri untuk kelompok dan golongannya. Persatuan dan persaudaraan yang mendorong kebangkitan nasional semakin pudar, justru permusuhan dan pertikaian bahkan saling membunuh antar anak negeri semakin mengerikan dan merusak upaya membangkitkan kebangkitan nasional. Membangkitkan Kebangkitan Nasional akan mampu menjadikan bangsa yang sejahtera dan berdaulat, jauh dari keterpurukan akibat korupsi yang memalukan. Jadikan momentum Kebangkitan Nasional untuk perbaikan dan pemberdayaan.
This entry was posted on Sunday, May 22, 2011 and is filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: