Aisyiyah Surabaya Kerjasama Penyuluhan Kanker
Tuesday, May 24, 2011 | Author:
Gedung Dakwah Muhammadiyah Surabaya, ahad pagi 22 Mei 2011 telah berlangsung kegiatan yang sangat penting berupa penyuluhan kanker sebagai program kerjasama antara Pimpinan Daerah Aisyiyah Majelis Kesehatan dan Lingkungan Hidup (MKLH) Kota Surabaya dengan Yayasan Peduli Kanker Indonesia. Antusias warga Aisyiyah Surabaya begitu besar, sekitar 100 orang ibu-ibu yang menghadiri acara tersebut, sebagai bentuk kesadaran terhadap kesehatan lebih-lebih terkait dengan kanker.

Sebelum acara penyuluhan diawali dengan pemeriksaan gula darah pada peserta sebagai upaya antisipasi sekaligus pemeriksaan dini agar selanjutnya masalah kesehatan benar-benar terjaga, lebih-lebih aktivitas ibu-ibu yang bukan hanya sebagai ibu rumah tangga tetapi juga memiliki beberapa profesi yang beragam ditambah aktivitasnya di Aisyiyah yang tentunya memilki komitmen tinggi dalam upaya pencerahan dan pemberdayaan kaum wanita.

Terkait dengan masalah penyuluhan kanker ternyata dapat diketahui bahwa faktor penyebab kanker adalah :
  1. Faktor Keturunan (Genetik)
  2. Faktor Lingkunan (Fisika dan Kimia), berupa limbah pabrik, Polusi Udara, Asap rokok, bekas radiasi polutan nuklir.
  3. Faktor Makanan, merupakan faktor yang paling kuat dari beberapa faktor yang ada. Makanan yang mengandung zat pemicu kanker disebut Zat Karsinogen yang bisa berupa :
    • Monosodium Glutamat (Penyedap Rasa)
    • Natrium Benzoat (Zat Pengawet Makanan)
    • Borax /ijar (Zat Pengental Makanan)
    • Zat Pewarna Makanan Kimia

Oleh karena itu, deteksi dini dan pengobatan yang cepat dan tepat oleh para ahli sesuai bidangnya sangat berpengaruh pada keberhasilan pengobatan. Kanker bisa disembuhkan jika ditemukan pada stadium dini, dan hindari kanker dengan Immunotherapy. Mengingat beragamnya penyakit kanker baik berupa : Kanker Payudara, Kanker Rahim, Kanker Prostat dan lainnya, sehingga penyuluhan in diharapkan mampu menjadi pengetahuan awal bagi masyarakat. Jadikan keluarga kita sehat sehingga bisa beraktivitas secara maksimal.
This entry was posted on Tuesday, May 24, 2011 and is filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: